Pengertian Texture dan Material Pada Blender

Rabu, 08 Januari 2014

Pengertian Texture dan Material Pada Blender

Material atau shader serta textures yang ada di software 3D berfungsi untuk memberikan kesan nyata terhadap sebuah objek, terutama pada permukaan atau kulit objek. 

Textures adalah suatu permukaan pada benda objek baik itu batu, kayu, kain, karet dll.
yang ada di menu edit texture:

1. Menu Texture, digunakan untuk menampilkan parameter dari texture.
2. Daftar Texture, menampilkan texture yang ada pada sebuah objek.

3. Nama Texture, digunakan untuk memberi nama texture.
4. Type Texture, digunakan untuk menentukan jenis texture.
5. Preview Texture, digunakan untuk menampilkan settingan texture.
6. Color, digunakan untuk mengatur warna texture.
7. Mapping, digunakan untuk mengatur posisi texture.
8. Image texture, digunakan untuk mengatur gambar texture.

Material pada dasarnya adalah shader atau karakteristik permukaan objek. baik objek itu licin, kasar, trasparan, kesat, dan seterusnya.
yang ada di menu material:

1. Menu material, digunakan untuk menampilkan parameter material.
2. Daftar material, berisi material yang ada dalam sebuah objek.
3. Nama material, digunakan untuk merubah nama material.
4. Type material, digunakan untuk menentukan jenis material.
5. Preview, digunakan untuk melihat tampilan material.
6. Diffuse, digunakan untuk menentukan warna objek.
7. Specular, digunakan untuk mengatur pantulan cahaya pada objek.
8. Shading, digunakan untuk mengatur interaksi material dengan cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Your Comment !! ^^:LC

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...